Archive

Kunjungan

Sosial Media


@Asrar Aspia Manurung

@Asrar

Senin, 24 Maret 2014

Sertifikasi Guru Indonesia

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Kemdiknas para guru yang mendapat sertifikat pendidik melalui jalur porto folio dianggap banyak memanipulasi data untuk menyusun dokumen portofolio contohnya membeli sertifikat pelatihan yang tidak pernah dikuti sehingga diasumsikan kompetensi guru yang mendapat sertifikat pendidik melalui jalur PLPG lebih baik dibanding PF maka mulai tahun 2011 pemberian sertifikasi diarahkan melalui jalur PLPG sedangkan untuk Porto folio dan PL tetap diberikan jatah tetapi dengan porsi yang sangat sedikit dan mulai tahun 2011 ini pula telah dibuka beberapa pendidikan profesi guru untuk beberapa jurusan.
Jika sebelumnya calon peserta sertifikasi yang namanya telah tercantum di daftar calon peserta sisa melengkapi berkas dan menunggu panggilan untuk mengikuti PLPG maka mulai tahun 2012 terjadi perubahan karena sebelum mengikuti PLPG diadakan uji kompetensi awal (UKA) dengan tujuan untuk (1). melakukan pemetaan kompetensi guru (2). menyeleksi calon peserta yang memenuhi kelayakan kompetensi untuk mengikuti pendidikan dan latihan guru (3). entry point pendidikan dan latihan guru. Mereka yang tidak lulus dalam UKA tidak dapat ikut PLPG dan akan dilakukan upaya pembinaan sebelum dapat mengikuti PLPG. Berdasarkan data dari Badan PSDMPK dan PMP Jumlah calon peserta sertifikasi tahun ini 318.019 orang dan setelah mengikuit Uji Kompetensi awal (UKA) dengan ambang batas kelulusan (passing grade) 30,0 sebanyak 248.733 orang (88,5%) dinyatakan lulus dan dapat melanjutkan ke pendidikan dan latihan sedangkan yang tidak lulus terpaksa harus bersabar menunggu. Nilai rata-rata Nasional hasil Uji Kompetensi Awal (UKA) dianggap masih relatif rendah yaitu 42,25 dan hanya ada delapan daerah yang mendapat nilai diatas rata-rata nasional yaitu : DI Yogyakarta, Jakarta, Bali, Jatim, Jateng, jabar,Riau dan Sumbar.
Setelah mengikuti proses panjang sertifikasi yang dimulai dari pengecekan nama calon peserta, penyetoran berkas ke dinas pendidikan kabupaten/kota, mengikuti uji kompetensi awal, mengikuti PLPG diakhiri dengan ujian akhir dan jika dinyatakan lulus maka masih harus menunggu terbitnya sertifikat pendidik. Ketika sertifikat pendidik sudah keluar para guru harus memasukan kembali berkas untuk mendapatkan SK Dirjen dan sebelum tunjangan profesi itu benar-benar cair masih diwajibkan membuka rekening bank bahkan kadang-kadang di beberapa tempat khususnya bagi mereka yang baru pertama kali menerima tunjangan ini. Pencairan tunjangan profesi tahun ini rencananya akan dilaksanakan setiap triwulan walaupun kenyataannya untuk triwulan pertama saja masih ada daerah yang hanya mencairkan untuk dua bulan dan mungkin juga ada yang belum dicairkan sama sekali, semoga persoalan pencairan tunjangan ini kedepan bisa dibenahi sehingga menjadi lebih baik. Terkadang banyak teman guru yang merasa iri dengan PNS yang bertugas di beberapa kementerian yang mendapat remunerasi dengan nilai nominal yang jauh lebih tinggi tanpa melalui tahapan seperti guru bahkan terbukti masih banyak yang melakukan penyimpangan walupun gajinya sudah dinaikan beberapa kali lipat.
Dengan adanya tambahan penghasilan melalui sertifikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sekaligus profesionalisme guru yang tentunya akan bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang mempunyai daya saing global.


2.      Strategi Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sebagai tenaga kependidikan, maka profesi guru harus memiliki dan menguasai perencanaan kegiatan belajar mengajar, melaksanakan kegiatan yang direncanakan dan melakukan penilaian terhadap hasil dari proses belajar mengajar. Kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran merupakan faktor utama dalam mencapai tujuan pengajaran. Keterampilan merencanakan dan melaksanakan proses belajar mengajar ini sesuatu yang erat kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab guru sebagai pengajar yang mendidik.

Guru sebagai pendidik mengandung arti yang sangat luas, tidak sebatas memberikan bahan-bahan pengajaran tetapi menjangkau etika dan estetika perilaku dalam menghadapi tantangan kehidupan di masyarakat. Sebagai pengajar, guru hendaknya memiliki perencanaan (planing) pengajaran yang cukup matang. Perencanaan pengajaran tersebut erat kaitannya dengan berbagai unsur seperti tujuan pengajaran, bahan pengajaran, kegiatan belajar, metode mengajar, dan evaluasi. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian integral dari keseluruhan tanggung jawab guru dalam proses pembelajaran.

Secara umum terdapat beberapa langkah strategi yang dapat diimplementasikan dalam lingkungan kependidikan dengan tujuan bahwa peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan akan behasil melalui strategi- strategi berikut ini

1.      Evaluasi diri self assessment
Evaluasi diri sebagai langkah awal bagi setiap sekolah yang ingin, atau menerncanakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kegiatan ini dimulai dengan curah pendapat brainstorming yang diikuti oleh kepala sekolah, guru, dan seluruh staf, dan diikuti juga anggota komite sekolah.
Kegiatan evalusi diri ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sekolah saat ini dalam segala aspeknya (seluruh komponen sekolah), kemajuan yang telah dicapai, maupun masalah-masalah yang dihadapi ataupun kelemahan yang dialami. Kegiatan evaluasi diri ini juga merupakan refleksi/mawas diri, untuk membangkitkan kesadaran / keprihatinan akan penting dan perlunya pendidikan yang bermutu, sehingga timbul komitmen bersama untuk meningkatkan mutu sense of quality, serta merumuskan titik tolak point of departure bagi sekolah/madrasah yang ingin atau akan mengembangkan diri terutama dalam hal mutu.
Titik awal ini penting karena sekolah yang sudah berjalan untuk memperbaiki mutu, mereka tidak berangkat dari nol, melainkan dari kondisi yang dimiliki.

2.      Perumusan Visi, Misi, dan tujuan
Bagi pihak sekolah yang baru berdiri atau baru didirikan, perumusan visi dan misi serta tujuan merupakan langkah awal / pertama yang harus dilakukan yang menjelaskan kemana arah pendidikan yang ingin dituju oleh para pendiri/ penyelenggara pendidikan. Dalam kasus sekolah/madrasah negeri kepala sekolah bersama guru mewakili pemerintah kab/kota sebagai pendiri dan bersama wakil masyarakat setempat ataupun orang tua siswa harus merumuskan kemana sekolah kemasa depan akan dibawa, sejauh tidak bertentangan dengan tujuan pendidikan nasional seperti tercantum dalam UU Nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kondisi yang diharapkan / diinginkan dan diimpikan dalam jangka panjang itu, kalau dirumuskan secara singkat dan menyeluruh disebut visi. Keadaan yang diinginkan tersebut hendaklah ada kaitannya dengan idealisme dan mutu pendidikan . Idealisme disini dapat berkaitan dengan kebangsaan, kemanusiaan, keadilan, keluhuran budi pekerti, ataupun kualitas pendidikan sebagaimana telah didefinisikan sebelumnya. Sedangkan misi, merupakan jabaran dan visi atau merupakan komponenkomponen pokok yang harus direalisasikan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, misi merupakan tugas-tugas pokok yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi.

Tujuan merupakan tahapan antara, atau tonggak tonggak penting antara titik berangkat (kondisi awal) dan titik tiba tujuan akhir yang rumusannya tertuang dalam dalam bentuk visi-misi. Tujuan-tujuan antara ini sebagai tujuan jangka menengah kalau tiba saatnya berakhir (tahun yang ditetapkan ) akan disusul dengan tujuan berikutnya, sedangkan visi dan misi (relatif/pada umumnya)masih tetap. Tujuan (jangka menengah), dipenggal-penggal menjadi tujuan tahunan yang biasa disebut target/sasaran, dalam formulasi yang jelas baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Tujuan-tujuan jangka pendek (1 tahun) inilah yang rincian persiapannya dalam bentuk perencanaan.


1 komentar

egi kusmayadi 19 Juni 2014 10.08

terimkasih atas infonya..
kalo boleh saya tahu, apa sih arti dri PLPG itu?
dan kalo bisa di tambahkan keterangan pengertinnya gan soalnya belum tentu semua orang tau ;)
thx

kunjungi juga web kami http://tanjungherbal.com/ace-maxs/

Posting Komentar

Pak Asrar Aspia Manurung | Blog Pak Asrar Aspia Manurung | Asrar Aspia Manurung. Diberdayakan oleh Blogger.