Archive

Kunjungan

Sosial Media


@Asrar Aspia Manurung

@Asrar

Jumat, 08 April 2011

Pembelajaran Kooperatif

1.      Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Keberhasilan dari pembelajaran sangat ditentukan oleh pemilihan metode belajar yang relevan oleh guru.  Sebab   dengan  penyajian pembelajaran secara menarik dapat membangkitkan motivasi  belajar  peserta  didik dan  sebaliknya jika pembelajaran itu disajikan dengan cara yang kurang menarik, membuat motivasi peserta didik rendah. Untuk menciptakan pembelajaran yang  menarik, upaya yang harus dilakukan guru adalah memilih strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteirsitik materi pembelajaran.

Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas peserta didik adalah pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan pada kelompok kecil, peserta didik belajar dan bekerja sama untuk sampai pada pengalaman belajar yang optimal baik pengalaman individu maupun pengalaman kelompok. Esensi pembelajaran kooperatif itu adalah tanggung jawab individu sekaligus tanggung jawab kelompok, sehingga dalam diri peserta didik terdapat sikap ketergantungan positif antar anggota kelompok yang menjadikan kerja kelompok lebih optimal.
Dengan memperhatikan konsep pembelajaran kooperatif di atas, peneliti berpendapat bahwa strategi pembelajaran ini sangat tepat untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
2.      Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
Ciri-ciri pembelajaran kooperatif itu adalah sebagai berikut:
a.       Peserta didik bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya.
b.      Kelompok dibentuk dari peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
c.       Bila mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin yang berbeda.
d.      Penghargaan lebih berorientasi pada prestasi individu.
Strategi pembelajaran kooperatif terdiri dari empat tipe, yaitu:  pertama, tipe Student Team Acheivement Devision (STAD);  kedua, tipe Jigsaw; ketiga, tipe investigasi kelompok dan keempat, tipe struktural. Sehubungan dengan penelitian yang akan dipaparkan dalam tesis ini, maka peneliti hanya menguraikan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw

0 komentar

Posting Komentar

Pak Asrar Aspia Manurung | Blog Pak Asrar Aspia Manurung | Asrar Aspia Manurung. Diberdayakan oleh Blogger.